see my portofolio at microstock agencies:
shutterstock | Dreamstime

Soundman Ndablek

Sebagai seorang pemusik tidak jarang menemui kendala yang kerapkali ditemukan sewaktu perform. Nah, pada artikel ini akan sedikit saya sampaikan mengenai salah satu kendala yang mungkin para musisi akan dibuat mengernyitkan dahi dan menelan ludah apabila mengalaminya.

Soundmand Ndablek, begitu saya menyebutnya. Kenapa demikian? Setidaknya sudah beberapa kali saya sendiri menjumpai adanya soundman ndablek ini. Jadi bukan karena kekurangan jenis sound yang digunakan (mixer tombolan, atau yang manual). Melainkan hal ini sering saya alami dikarenakan karep dari sang soundman yang ndablek.

Sebagai contoh pada saat kita sedang melakukan cek sound, kita cari settingan yang pas dengan karakter musisi yang akan menggunakan sound tersebut. Setelah cukup puas dengan suara yang dihasilkan dari settingan tersebut, tak jarang kita pun berisitirahat untuk mempersiapkan hal lain sembari menunggu waktu untuk bermain.

Nah, pada saat tiba gilirannya untuk bermain dengan sound yang telah di set pada saat cek sound. (krik krik krik krik), settingan sound berubah total yang menjadikan suara yang dihasilkan tidak sesuai dengan karakter yang diharapkan oleh musisi yang memainkannya. Padahal ini sudah bukan dalam posisi latihan, melainkan sudah dalam posisi ditonton dan acara sedang berlangsung.

Kondisi seperti ini sudah kerap kali terjadi. Bagi saya pribadi, apabila mixer yang digunakan memang merupakan mixer yang tidak ada tombol on-off nya, hal tersebut harus dimaklumi mengingat keterbatasan dari hardware sound tersebut.

Nah, masalah yang kerap terjadi. Dengan posisi mixer yang sudah sangat mumpuni, suara yang dihasilkan ketika main tiba-tiba bisa berubah sangat jauh dengan saat melakukan check sound.

lantas, kalau ketemu soundmand ndablek.. Piye perasaanmu Lur? :-)
Hehehe..
soundman ndablek
ilustasi ketemu SoundMan Ndablek

Meskipun demikian, saya rasa soundman ndablek hanyalah oknum belaka, dimana masih banyak sekali soundman profesional dengan skill yang sangat membantu musisi menyuarakan musiknya.
Matur Nuwun..

Salam,
Muhammad Edi Sutanto
seniman @talijiwa.my.id
gitar2 @elonenasyid

catatan: Pada gambar ilustrasi tidak ada hubungannya dengan soundman ndablek yang dimaksud, pada gambar ilustrasi yang digunakan. Pada kenyataannya soundman nya sangat profesional dan sangat membantu kami dalam memberikan racikan sound yang kami harapkan. Matur Nuwun :-)

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Soundman Ndablek"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.