Teori Sederhana Chord Mayor dan Chord Minor

Chord Mayor dan Minor, terdiri dari 3 nada atau solmisasi yang berbeda. Apabila sebelumnya telah sedikit kita ulas tentang artikel "Basic Chord Handbook" => http://edi.sutanto.web.id/2018/09/basic-chord-hanbook-for-digital-guitarist.html

Gambar Chord Dasar (Mayor & Minor)

Setelah memperhatikan gambar di atas, ternyata bisa disimpulkan dengan sangat mudah tanpa harus menghafal. Yakni jarak antar nada yang membentuk chord tersebut.

Kita ambil contoh adalah chord mayor dimana jarak nadanya dari nada / chord yang akan dimainkan adalah melompat 1 1/2 nada dan melompat 1 nada. Jadi apabila kita hendak membentuk chord C, maka jarak lompatan nada 1 1/2 setelah C adalah E, dan jarak lompatan 1 nada dari E adalah G. Kini telah terbentuk C-E-G. Persis, dan saya rasa metode ini akan lebih mudah dimengerti untuk pemula seperti saya. Hehe

Sedang jarak untuk chord minor adalah setelah chord yang ingin dibentuk akan melompat 1 nada - selanjutnya melompat 1 1/2 nada. Kita ambil contoh lagi bahwa kita akan membentuk chord C minor, maka jarak setelah lompatan 1 nada setelah C adalah D#, dan setelah melompat 1 1/2 nada lagi dari D# adalah G. Kini telah terbentuk komposisi chord dari Cminor yakni C-D#-G.

Bagaimana? Teori Sederhana tentang Chord Mayor dan Minor ini sangat mudah di mengerti bukan?

Salam Perjuangan !!!

Terus berkarya dan tetap setia pada proses :-)

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Teori Sederhana Chord Mayor dan Chord Minor"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.