Alasan kenapa WooCoomerce, bukan Prestashop?

Pada kesempatan kali ini saya sedikit bercerita tentang kenapa situs online shop yang saya buat (untuk sementara ini - hijab walimah) dibangun menggunakan woocommerce, bukan menggunakan prestashop?

Pada awalnya ketika saya memutuskan untuk belajar membuat online shop yang akan diimplementasikan pada situs hijab.walimah.net, saya bangun menggunakan prestashop. Hingga terjadi sebuah kendala ketika saya ingin menguploadnya ke hostingan.

alasan memilih woocommerce, bukan prestashop
Alasan kenapa WooCommerce, bukan PrestaShop (menurut saya)

Ya, hal yang sangat sepele tapi tidak terpikirkan oleh saya yakni ternyata ukuran size hosting yang saya sewa ternyata hanya 150 mb, sedangkan file online shop yang dibuat menggunakan prestashop mempunyai besar file melebihi kapasitas hostingan saya yang hanya 150 mb saja.

Akhirnya saya cari opsi lain untuk membangun online shop dan ketemulah dengan yang namanya wordpress + woocommerce. Dari situ saya buat ulang situs online shop yang saya inginkan. Untuk saat ini hanya berupa mode katalog saja. Akan tetapi kedepan saat saya sudah mempunyai stok yang banyak dan dapat mengatur ketersediaan stok sendiri dengan baik. Tentu akan saya buat semakin baik seiring dengan bertambahnya pengalaman dan belajar (maklum saya kurang menguasai website :-) ).

Meskipun judul dari postingan ini adalah "alasan kenapa woocommerce, bukan prestashop?". Hal ini tidak bermaksud membuat pernyataan bahwa prestashop itu buruk, sungguh tidak. Saya rasa prestashop adalah CMS untuk membuat online shop dengan fasilitas yang sangat lengkap. di bundel dengan sangat istimewa, hanya saja dikarenakan yang saya alami adalah baru sebatas belajar dan keterbatasan space hostingan. Akhirnya saya memilih dengan yang lebih sederhana.

Meskipun lebih sederhana, woocommerce didukung dengan banyak sekali plugin yang masih aktif dikembangkan sehingga membuatnya sebuah plugin e-commerce untuk wordpress yang semakin baik dan lebih baik lagi.

Sebagai catatan untuk saya pribadi, untuk mempermudah proses cek ongkir pada saat menambahkan produk pada keranjang belanja. Bisa menggunakan plugin e-peken, dimana saya rasa harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Salam Perjuangan !!!
Muhammad Edi Sutanto
song writer | CG generalist | buruh serabutan

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Alasan kenapa WooCoomerce, bukan Prestashop?"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.