Migrasi ke Google Sheet

Beberapa waktu yang lalu (sebenarnya sudah cukup lama), sudah sering saya mencoba untuk menggantikan aplikasi spreadsheet: microsoft office excell untuk beralih ke free software. Banyak pilihan untuk dicoba, salah satunya tentu saja sebuah software powerfull open source yang sudah malang melintang dipakai banyak sekali pengguna. Apalagi kalau bukan LibreOffice Calc.

Hanya saja seiring berjalannya waktu, disesuaikan dengan aktifitas saya akhir-akhir ini dalam rangka menunjang aktifitas berjualan online. Sekedar untuk pencatatan keuangan. Saya rasa saya membutuhkan sebuah piranti lunak (software) yang memadai dan memudahkan pekerjaan saya. Hingga akhirnya saya terpikirkan untuk mencoba google sheet. Dari sini timbul kecocokan hingga akhirnya saya putuskan untuk benar-benar bermigrasi menggunakan google sheet.

Meskipun pada saat ini memang di komputer saya masih terinstall Microsoft Office Excell ataupun LibreOffice Calc. Akan tetapi untuk segala macam pencatatan keuangan ataupun hal-hal yang dikerjakan dengan aplikasi spreadsheet. Kini sudah saya kerjakan sepenuhnya dengan menggunakan Google Sheet.
migrasi ke google sheet
Sedikit Tampilan Google Sheet

Secara keseluruhan Google Sheet mirip dengan pengolah data semacam Microsoft Office Excell ataupun LibreOffice Calc. Meskipun pada dasarnya Google Sheet berbasis Online, akan tetap bisa digunakan secara offline ketika internet sedang tidak bersahabat. Meskipun demikian, karena Google Sheet pun juga tersedia di PlayStore, tentu saja hal tersebut memudahkan kita untuk sekedar pencatatan atau pengolahan data baik ketika menggunakan Komputer, Laptop, bahkan Smartphone sekalipun.

Soal fitur, mungkin tak sebanyak fitur-fitur yang ada pada Microsoft Office Excell, hanya saja ini sudah sangat mumpuni untuk sekedar digunakan untuk pencatatan uang. Juga tersedia berbagai macam template yang siap untuk digunakan.

Apabila tertarik untuk mencoba silahkan gunakan tautan dibawah:
https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/

Untuk rincian kelebihan dan kekurangan Google Sheet (menurut saya). Akan ditulis pada postingan berikutnya :-)

* >> Kelebihan dan Kekurangan Google Sheet (menurut saya) dapat dijumpai pada tautan berikut:  http://edi.sutanto.web.id/2017/09/kelebihan-dan-kekurangan-google-spreadsheet.html

Salam Perjuangan..!!

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Migrasi ke Google Sheet"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.