Bagaimana cara saya menulis lagu?

Lagu, hampir sama dengan seni tulis menulis lainnya layaknya pantun, puisi dan lain sebagainya. Hanya saja dalam lagu selain perlu diperhatikan pemilihan kata untuk lirik lagunya, juga perlu dipikirkan musik yang akan mengiringi lagu yang kita buat.

Namun dalam hal penulisan lagu, kita tidak perlu bisa menguasai semua instrumen musik untuk membuat lagu yang bagus. Cukup dengan alat musik yang mampu untuk menadakan / membuat solmisasi lagu yang kita buat. Bisa dengan gitar, bass, keyboard, dan alat musik lainnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencari kunci / chord / tangga nada yang pas dengan lirik lagu yang kita buat.

cara saya menulis lagu
Salah satu cara saya menulis lagu

Setiap penulis lagu mempunyai metodenya sendiri-sendiri untuk menuangkan pikirannya hingga menjadi lagu. Berikut merupakan beberapa metode yang saya gunakan dalam menuliskan lagu.

Dari Kunci -> Solmisasi -> Lirik
Dari sebuah kumpulan kunci gitar yang kita mainkan disitu kita rasakan solmisasi nada yang keluar, nah selanjutnya tinggal dituliskan lirik lagu sesuai dengan solmisasi yang keluar dari kunci/chord yang kita mainkan.

Tema Lagu -> Lirik -> Cari Kuncinya
Misalkan kita sedang senang, galau, sedih, gelisah. Selanjutnya ingin menulis lagu. Nah kita buat dulu tema dari lagu yang ingin kita buat. Bisa jadi kita mendapat sebuah inspirasi yang kemudian kita tuangkan kedalam sebuah ide untuk membuat lagu. Biasanya jika kita berawal dari sebuah tema / lirik. Selanjutnya lirik tersebut akan mengalami penyesuaian kata agar pas dengan solmisasi dari kunci/chord yang kita mainkan.

Solmisasi -> Kunci -> Lirik
Nah, ini yang menurut saya begitu memudahkan saya dalam menuliskan lagu. Jadi kita bisa saja main melodi entah gitar/bass, dari situ kan sudah terlihat lagu beserta dengan kuncinya. Sehingga memudahkan kita untuk menulis lirik yang sesuai dengan solmisasi tersebut.


Diatas merupakan beberapa cara yang biasa saya gunakan ketika menulis sebuah lagu yang mungkin terlalu sederhana jika ditulis dalam satu postingan blog. Saya sendiri juga bukanlah seorang yang pernah belajar musik secara sekolah/serius. Jadi mungkin banyak hal ngawur yang saya tuliskan disini. Setidaknya diatas merupakan cara yang saya gunakan sesuai dengan pengalaman yang saya alami. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan.

Pertama kali saya menulis lagu adalah di tahun 2006. Yakni saat saya kelas 1 SMA. Postingan ini ditulis di Surakarta, 8 Mei 2017.

Teruslah berkarya dan setia pada proses.. Tuliskan apa yang ingin kamu tulis entah dengan media seperti blog. Boleh karya tulis, puisi, cerpen, pantun, lagu, instrumen, dan lain sebagainya.

Karena kita pasti mati, karya itu abadi (dunia). Ada baiknya buatlah karya-karya yang baik, memberikan makna untuk bisa diambil hikmahnya.

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Bagaimana cara saya menulis lagu?"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.