Cara membasmi adware di komputer dengan AdwCleaner

Adware adalah sebuah program yang mengacu kepada sebuah jenis perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang menginstalasikan dirinya sendiri tanpa sepengetahuan pengguna dan menampilkan iklan-iklan ketika pengguna berselancar di Internet.

Sangat merepotkan memang, karena lebih sering adware secara tidak kita sadar mendownload berbagai macam software yang mungkin mengganggu dan tentu saja tidak kita butuhkan. Software pemasang adware ini seringkali lolos dari antivirus dikarenakan biasanya tersemat didalam sebuah lisensi agreement ketika kita ingin menginstall sebuah software yang mungkin tidak kita kenal. Beberapa memang bisa di uncheck agar beberapa opsi yang tidak kita inginkan tidak ikut terpasang, tetapi beberapa memang memaksa kita untuk memasang program adware di komputer baik secara sembunyi atau memaksa secara terang-terangan.

Akan tetapi teman-teman tidak perlu khawatir, karena kita bisa dengan sangat mudah untuk membasmi adware yang mengganggu itu. Caranya sangat mudah, yakni dengan menggunakan sebuah software yang bernama AdwCleaner.

AdwCleaner bisa didapatkan pada alamat:
https://toolslib.net/downloads/viewdownload/1-adwcleaner/

Cara penggunaanya pun cukup mudah, yakni kita tinggal buka aplikasi yang telah kita download tadi, selanjutnya pilih scan untuk men scan komputer kita. Apabila telah selesai akan muncul pemberitahuan jenis-jenis adware apa saja yang telah terpasang (menempel) pada komputer kita (biasanya homepage atau mesin pencari bawaan akan dirubah oleh adware menuju situs tertentu).

Membasmi Adware di Komputer menggunakan AdwCleaner
Membasmi Adware di Komputer menggunakan AdwCleaner
Apabila proses scaning telah selesai, bersihkan adware tersebut (clean) dan lakukan restart komputer untuk penghapusan adware dari dalam komputer kita. Setelah komputer di hidupkan ulang, maka adware tersebut telah dihapus dari komputer kita. Untuk lebih meyakinkan silahkan scan komputer kita menggunakan antivirus lainnya. Misalnya (Malwarebytes Antimallware).

Demikian, semoga adware yang terpasang di komputer teman-teman dapat diatasi dengan baik setelah membaca artikel ini.

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Cara membasmi adware di komputer dengan AdwCleaner"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.