Home Recording Studio di Solo

Alhamdulillah, kemaren hari Sabtu, 28 Mei 2016. Saya dan teman lama yang dulu pernah tergabung dalam sebuah group musik mengagendakan sebuah rekaman di Studio Home Recording di Solo (SusahSenang @records_ss).

Pada rencana awalnya memang kita ingin merekam 2 lagu dalam 1 shift (1 lagu untuk teman saya, dan 1 lagu lagi untuk lagu saya), hanya saja ternyata waktunya memang tidak cukup. Waktu yang tidak cukup disebabkan oleh materi yang memang belum matang dan juga waktu yang memang belum rejekinya. Hehehe..

Dari perjalanan proses recording kemaren, ada beberapa hal yang ingin saya garis bawahi agar menghemat waktu, tenaga, pikiran dan tentu saja biaya. Berikut beberapa catatan kecil yang mungkin perlu untuk disiapkan:
  • Matangkan dulu materi, baik lagu maupun aransemen. Jangan ke studio rekaman dengan materi yang masih nggrambyang. Hal itu akan memperlama proses rekaman.
  • Jangan tergesa-gesa untuk merekam lagu, karena menurut saya apabila kita merekam menggunakan alat-alat kita sendiri, hal tersebut tidak menjadi kendala. Tapi saat menggunakan jasa profesional, sebaiknya dimatangkan dulu lagu/materi yang ingin direkam. Karena harapannya tentu saja kita menginginkan hasil yang baik dan layak dengar maupun edar.
  • Apabila dana kita memang cukup, menggunakan jasa per paket adalah pilihan yang nyaman. Akan tetapi apabila dana kita inginnya irit, jalan terbaik tentu saja kembali ke point pertama, matangkan dulu materinya, gunakan yang system shift. Mungkin saja akan lebih hemat dibandingkan dengan jasa per paket.
Intinya adalah, matangkan dulu materi. Hehehe..

Berikut merupakan dokumentasi  dari kegiatan kemaren:
kegiatan Recording di SusahSenang

Wah, meskipun kemaren tidak berkesempatan, namun saya sangat berminat sekali. Mungkin PR bagi saya adalah mematangkan materi-materi lagu baru untuk selanjutnya di rekam. Dengan demikian, bukanlah hal yang mustahil saya bisa mewujudkan salah satu daftar dalam impian saya. Yakni membuat sebuah mini album, atau bahkan malah bisa berkelanjutan untuk senantiasa berkarya di bidang musik. Aamiin.

Salam Perjuangan..!!!

Lagu hasil dari rekaman teman di home studio recording SusahSenang dapat dilihat di youtube berikut:


Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Home Recording Studio di Solo"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.