Perkembangan Bayi Minggu per Minggu

Minggu 1.
Bayi Anda.
Blastosis akan merembeskan mukus untuk menyatakan kehadirannya di dalam rahim.

Minggu 2.
Bayi Anda.
Blastosis mulai mengelembung dan membelah dua kali dalam sehari. Pada hari ke-12, jumlahnya akan menjadi beribu-ribu. Setelah itu, blastosis menempel dengan kuat pada endometrium.

Minggu 3.
Bayi Anda.
Selepas tiga minggu pembuahan, ukuran embrio sebesar 2 mm. Gen janin mulai membentuk tiga lapisan sel daripada organ tubuh yang akan bergabung.

Minggu 4.
Bayi Anda.
Panjang embrio lebih kurang 6 mm. Pada minggu ini, akan kelihatanlah bentuk awal otak dan tulang belakang fetus. Jantungnya memompa darah ke paru-paru dan aorta (pembuluh darah besar yang mengalirkan darah ke jantung).
Minggu 5.
Bayi Anda
Walaupun anggota tubuh badan embrio yang jelas kelihatan hanyalah matanya, namun otaknya kini dalam proses perkembangan. Begitu juga dengan saluran darah yang tidak lama lagi akan bertukar menjadi jantung. Ukuran embrio sudah mencapai 4 mm.
Tubuh Anda
Haid anda tidak datang. Minggu ini merupakan minggu paling sesuai bagi anda melakukan Test Kehamilan (test pack) untuk menentukan positif atau negatif nya kehamilan.

Minggu 6.
Bayi Anda
Jantungnya kini sudah terbentuk dan mulai berdenyut. Di akhir minggu ini, saluran yang menghubungkan embrio dengan plasenta mulai membesar menjadi tali pusat. Selain itu, saluran darah juga terbentuk. Ukuran embrio kini sebesar jari kelingking dan pergerakannya hanya dapat dilihat melalui USG.
Tubuh anda
Jika anda menderita morning sickness, bau-bau tertentu akan membuatkan anda jadi lebih tidak nyaman. Kulit anda juga berubah menjadi lebih gelap.

Minggu 7.
Bayi Anda
Fetus kini berukuran 1.3 cm. Lubang hidung, bibir, lidah dan giginya dalam proses pembentukan. Manakala kaki dan lengannya kian berkembang. Selain itu, tulang belakang, usus dan otak hampir terbentuk sepenuhnya.
Tubuh anda
Anda mungkin berasa pening ataupun mau pingsan jika anda berdiri terlalu lama. Selain itu, jika anda berada dalam keadaan sesak, anda juga mungkin berkeadaan sebegini. Anda juga mudah berasa letih. Jadi pastikan anda mendapat istirahat secukupnya secukupnya.

Minggu 8.
Bayi Anda
Fetus kini berukuran 1.3 cm. Lubang hidung, bibir, lidah dan giginya dalam proses pembentukan. Manakala kaki dan lengannya kian berkembang. Selain itu, tulang belakang, usus dan otak hampir terbentuk sepenuhnya.
Tubuh anda
Anda mungkin berasa pening ataupun mau pingsan jika anda berdiri terlalu lama. Selain itu, jika anda berada dalam keadaan sesak, anda juga mungkin berkeadaan sebegini. Anda juga mudah berasa letih. Jadi pastikan anda mendapat istirahat secukupnya secukupnya.

Minggu 9.
Bayi Anda
Bentuk muka fetus mula berkembang, mulut dan hidungnya jelas kelihatan. Begitu juga dengan kaki dan tangannya. Fetus kini berukuran kira-kira 3 cm.
Tubuh anda
Berat badan anda mulai bertambah. Disarankan untuk mencatat pertambahan berat badan. Ketika ini, gusi anda menjadi lebih lembut dan nipis disebabkan oleh perubahan hormon. Jadi, beri perhatian khusus kepada kebersihan gigi.

Minggu 10.
Bayi Anda
Telinga fetus mulai jelas kelihatan. Tubuhnya kini mula memanjang di mana ibu jari dan jari-jari yang lain jelas terlihat tetapi bentuknya belum sempurna seperti jari normal manusia. Pada tahap ini, ukuran fetus ialah 4.5 cm dan beratnya pula 5 g.
Tubuh anda
Jumlah darah yang mengalir di dalam tubuh kian meningkat. Ini akan membuatkan anda berasa lebih panas daripada biasa nya. Ukuran rahim anda kini sebesar buah jeruk. Perubahan fisik memaksa anda memakai pakaian yang lebih longgar dan nyaman sesuai dengan "ukuran" baru anda.

Minggu 11
Bayi Anda
Di minggu ini, sebagian besar organ kandungan anda sudah terbentuk. Jadi, setengah kesakitan yang dialami akan berakhir pada penghujung minggu ini. Kini, fetus berada dalam zona selamat dari setiap ketidaknormalan pada janin dan penyakit tertentu. Berat fetus pada minggu ini sudah mencapai antara 10 g dan panjangnya 5,5 cm.
Tubuh anda
Sebarang perubahan (kesakitan) yang dialami akan membuatkan anda mudah berasa letih. Jadi, anda perlu mengambil peluang merehatkan diri jika ada kesempatan. Selain itu, jika berasa khuatir dengan perubahan-perubahan yang berlaku, segeralah bertemu dengan doktor agar kemusykilan anda dapat dileraikan.

Minggu 12.
Bayi Anda
Jantung fetus berdetak antara 110 hingga 160 kali permenit. Pada minggu ini dadanya naik turun kerana dia sudah mula bernafas. Bentuk tubuhnya sudah mulai kelihatan. Ibu jari dan jari-jari lainnya sudah lengkap terbentuk. Begitu juga dengan kukunya. Fetus sudah mampu menghisap ibu jarinya dan menelan cairan amniotik selanjutnya dikeluarkannya menjadi urin. Cairan amniotik akan diganti setiap 24 jam. Panjang fetus kini 6.5 cm dan beratnya sekitar 20 g
Tubuh anda
Berat badan anda akan bertambah kira-kira satu perempat dari berat badan normal di antara minggu ini hingga minggu 20. Ketika minggu ini anda akan berasa lebih Bertenaga dibanding minggu-minggu sebelumnya. Teliti gaya hidup dan pemakanan anda dan pastikan diet anda mengandung zat gizi yang baik dan seimbang untuk anda dan kandungan.

Minggu 13.
Bayi Anda
Ukuran fetus kini 7.5 cm dan beratnya 30 g. Tulangnya mulai berkembang, begitu juga dengan gigi. Pada tahap ini, fetus sentiasa menggerakkan bibirnya sebagai latihan untuk merangsang otot bibirnya supaya daya hisapannya dapat berfungsi dengan baik setelah dia lahir nanti.
Tubuh anda
Perubahan ukuran rahim yang kian membesar akan membuatkan anda menyadari bahwa perasan perut anda “buncit”. Pada saat itu, di barengi juga dengan perubahan warna puting. Warna bagian tersebut berubah menjadi lebih gelap dan urat biru pada payu dara anda mula jelas kelihatan.

Minggu 14.
Bayi Anda
Pada trimester kedua, organ-organ bayi dalam kandungan sudah mulai matang. Dagu, dahi dan hidung kini semakin menonjol. Bayi anda juga berupaya untuk mengerak-gerakkan kepalanya dan ada kalanya dia juga mengerutkan kening. Bayi anda kini berukuran 9 cm dengan berat 60 g.
Tubuh anda
Jumlah darah yang mengalir dalam badan semakin banyak. Dalam masa yang sama bayi juga memerlukan oksigen. Untuk itu, jantung perlu bekerja lebih kuat. Jadi, tidak heran jika ketika ini jantung anda kelihatan sedikit besar. Semua itu adalah untuk memastikan jantung mampu menjalankan tugas sebaiknya. Hasil dari pertambahan jumlah darah dalam badan, anda kini jadi lebih bertenaga berbanding sebelumnya. Dalam arti kata lain, inilah waktu yang paling sesuai untuk anda dan keluarga berlibur bila perlu sebelum melahirkan

Minggu 15.
Bayi Anda
Tulang rangka bayi anda sedang giat berkembang. Kini kakinya lebih panjang daripada tangan. Rambut pada kepala juga semakin menebal. Begitu juga dengan kening dan bulu matanya. Semua makin jelas kelihatan. Bayi anda pada saat ini sudah bisa mendengar. Yang paling jelas didengarnya ialah suara anda dan detak jantung dan bunyi perut anda. Bayi anda sekarang sudah sepanjang 12 cm dan beratnya kira-kira 100 g.

Minggu 16.
Bayi Anda
Bayi semakin sering bergerak. Tubuh mereka juga pada saat ini mula diselaputi lanugo yaitu rambut-rambut halus. Tujuannya ialah untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Jenis Kelamin bayi anda juga sudah boleh diketahui sewaktu ultrasound dilakukan. Bayi anda kini berukuran 16 cm panjang dengan beratnya 135 g.
Tubuh anda
Pada saat ini anda biasanya merasa lebih segar dan gembira. Selera makan juga semakin bertambah. Anda mungkin dapat merasakan pergerakan pertama bayi dalam kandungan. Akan tetapi pergerakan bayi anda tidaklah terlalu kentara. Pada masa yang sama, garis halus berwarna gelap di bawah perut yang disebut sebagai linea nigra semakin kelihatan. Dan garis ini kembali pudar selepas anda melahirkan.

Minggu 17.
Bayi Anda
Anggota badan bayi dalam kandungan anda kini terbentuk dengan sempurna. Indera Perasa juga sudah mulai muncul. Bayi anda sekarang sudah mempunyai sidik jarinya sendiri. Dan kini, dia berukuran 18 cm dengan berat sekitar 185 g.
Tubuh anda
Pinggang ramping anda kini sudah tidak tampak lagi. Yang tinggal hanyalah perut yang semakin membesar di samping kehadiran sedikit tanda rekahan pada bagian tersebut. Selain perut, gusi juga mengalami sedikit gangguan. Gusi berdarah adalah masalah yang biasa dialami wanita hamil. Jangan khawatir. Pergilah bertemu doktor gigi untuk perawatan.

Minggu 18
Bayi Anda
Kulit bayi anda ketika ini masih lagi berkerut karena dia belum ada jaringan lemak. Dia juga sangat aktif bergerak. Bayi anda juga mulai peka terhadap bunyi-bunyian dari luar. Oleh karena itu, janganlah terkejut, bila tiba-tiba bayi anda menendang setelah terdengar bunyi keras yang tidak anda duga. Bayi anda kini berukuran kira-kira 21 m dengan beratnya 235 g.
Tubuh anda
Saat ini anda sudah semakin dapat merasakan pergerakan janin. Pada saat yang sama, ibu hamil juga mungkin mengalami masalah untuk bernafas / terasa sesak. Hal ini terjadi kerana semasa hamil, membran dalam hidung akan membengkak seterusnya mengganggu peredaran udara masuk ke dalamnya. Selain itu, Cairan di organ keintiman juga semakin bertambah. Sepanjang trimester kedua ini, anda akan dapat merasakan beberapa perubahan sampingan yang nampak pada tubuh selain pertambahan berat badan.

Minggu 19.
Bayi Anda
Sama seperti anda, janin dalam kandungan juga semakin membesar. Saat ini gigi susu mereka mulai terbentuk dalam gusi. Dalam waktu yang sama, tunas untuk pembentukan gigi permanen juga muncul. Janin anda sudah mencapai 23 cm dengan beratnya kira-kira 285 g.
Tubuh anda
Saat ini berat badan anda semakin bertambah. Punggung, paha dan bagian perut adalah area yang paling kentara pertambahan beratnya. Urat-urat halus juga mula kelihatan pada muka anda. Jangan risau, semua itu akan kembali seperti sedia kala setelah anda melahirkan.
Minggu 20.
Bayi Anda
Vernis merupakan sejenis bahan putih berminyak mulai menyelaputi kulit bayi untuk melindunginya dari cairan amniotik selama berada dalam kandungan. Bayi anda kini berukuran 25.5 cm dengan berat 340 g.
Tubuh Anda
Rahim semakin cepat membesar dan anda kini telah kelihatan sama seperti ibu hamil lain. Akibat pembesaran perut yang begitu cepat, pusat hampir tidak kelihatan. Tetapi, ada sekitar 50% ibu hamil pusatnya tidak menjadi rata sebaliknya tertonjol keluar. Saat ini masalah pedih ulu hati bukan suatu yang asing.

Minggu 21.
Bayi Anda
Bayi anda kini sangat aktif. Hampir setiap saat anda akan dapat merasakan pergerakannya. Jadi, tidak heran kalau setiap malam tidur anda diganggu. Jika hal ini terjadi kepada anda, usap perlahan perut sambil berkata-kata kepada anak dengan cinta heart emoticon. Dipercayai dengan cara ini akan dapat menenangkan bayi. Kini, bayi sudah semakin besar dan beratnya kira-kira 390 g dan sekitar 28 cm panjangnya
Tubuh Anda
Pada masa ini anda berpeluang untuk melihat perut bergelombang hasil dari pergerakan bayi dalam kandungan. Anda juga mungkin ada masalah untuk bernafas kerana paru-paru semakin terhimpit akibat ditekan rusuk yang semakin mengembang. Pada masa ini anda juga kelihatan lebih bertenaga dan mungkin inilah masa yang sesuai untuk membuat persediaan menerima kehadiran sang buah hati.

Minggu 22.
Bayi Anda
Bayi dalam kandungan anda terus membesar akibatnya ruang untuk mereka bergerak semakin berkurang. Bayi anda kini mungkin berhubungan dengan anda melalui tendangan ataupun gerakan yang dilakukannya. Sistem pernafasan mereka masih dalam tahap awal dan paru-paru belum lagi berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke pembuluh darah. Bayi anda kini berukuran 29 cm dengan berat kira-kira 410 m.
Tubuh anda
Tulang rusuk bagian bawah anda mula terasa sakit akibat didorong keluar oleh rahim yang semakin membesar. Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, coba duduk setegak yang anda mampu atau anda boleh mengangkat tangan dengan lurus diatas kepala. Selain itu, jika anda ada cara lain yang lebih nyaman, lakukanlah karena inilah waktu terbaik untuk anda mencoba cara apa saja asalkan rasa sakit yang dialami tidak berlanjut.

Minggu 23.
Bayi Anda
Bayi anda kini sudah semakin sempurna pembentukannya. Jika dia lelaki, skrotumnya sudah terbentuk sempurna dan jika dia perempuan, dalam ovarinya kini sudah pun terkandung beberapa juta sel telur. Jumlah sel telur ini akan berkurangan ke sekitar dua juta ketika dilahirkan dan jumlahnya semakin berkurang apabila usia anak semakin bertambah. Bayi anda kini berukuran kira-kira 31 cm dengan berat sebesar 440 g.
Tubuh anda
Anda mula dapat merasakan kehadiran bayi dalam perut. Anda akan merasa tegang pada bahagian tersebut. Kadangkala anda akan merasa sakit seperti dicucuk-cucuk pada bawah perut karena otot uterine sedang meregang. Rasa sakit ini akan hilang apabila anda beristirahat.

Minggu 24
Bayi Anda
Bayi anda semakin kuat bergerak. Anda juga semakin mahir membaca pergerakannya. Degupan jantung bayi anda sudah bisa didengar walaupun hanya menggunakan stetoskop biasa. Bayi anda juga sudah bisa mendengar kata-kata anda dengan jelas. Kini berat bayi anda sudah mencapai 500 g dengan panjangnya 33 cm.
Tubuh anda
Tubuh anda kini mulai menambah beratnya sebanyak setengah kilo seminggu. Dalam waktu yang sama, kaki anda akan mulai terasa tegang akibat berat badan yang bertambah dengan banyak. Untuk mengatasi rasa tidak nyaman, pastikan memakai alas kaki yang sesuai.

Minggu 25.
Bayi Anda
Sel-sel otak pada bayi terus berkembang dan menjadi semakin kompleks. Tulang juga semakin keras. Kini, bayi anda semakin aktif belajar bernafas, menyedot dan mengeluarkan kembali cairan amniotik yang berada di sekitar mereka. Dan ketika ini jika bayi anda tertelan terlalu banyak cairan tersebut, dia bisa tersedak. Bayi dalam kandungan anda sekarang berukuran 34 cm dengan berat sekitar 600 g.
Tubuh anda
Anda kini kelihatan lebih berseri-seri. Muka semakin bercahaya. Semuanya karena meningkatnya peredaran darah di bawah kulit. Tekanan pada kandung kencing juga adalah penyebab mengapa anda sering ke kamar kecil. Sakit pinggang dan pedih ulu hati semakin sering terjadi.

Minggu 26.

Minggu 27.
Bayi Anda
Bayi anda kini sudah bisa membuka matanya. Jadi, dia kini bisa melihat cahaya luar yang menembus bagian perut / abdomen anda. Saat ini juga bayi mulai belajar menghisap dan mereka mungkin berupaya menghisap ibu jari atau pun genggaman tangan. Bayi anda kini berukuran 36 cm dengan berat lebih kurang 800 g.
Tubuh anda
Anda semakin hari semakin besar dan tentunya berat badan semakin bertambah. Daerah yang paling kentara pertambahan beratnya ialah di sekitar dada terutamanya pada bagian payu dara. Oleh karena itu, pemakaian pakaian dalam yang sesuai sangat penting. Hindari berbaring secara telentang karena cara ini akan membuatkan anda merasa tidak nyaman dan dalam waktu yang sama pembuluh darah anda akan ditekan oleh rahim anda yang semakin membesar.

Minggu 28.
Bayi Anda
Pada usia ini, bayi sudah cukup berkembang dan bisa survive kalau lahir. Jika bayi lahir pada usia ini, dia dikategorikan sebagai bayi prematur. Jantungnya kini berdetak sebanyak 150 kali per menit. Berat badannya kini menceapai 900 g.
Tubuh anda
Payu dara anda mungkin sudah mengeluarkan kolostrum yaitu sejenis cairan kental. Jika anda merasa tidak nyaman dengan pengeluaran kolostrum tersebut, coba pakai pad pada bra untuk menghindari rasa lengket. Pada usia kandungan ini, darah anda akan dites kedua kalinya untuk melihat ada tidak nya anemia. Bila anda didapati anemia positif, zat besi berbentuk kapsul akan diberikan.

Minggu 29.
Bayi Anda
Bayi semakin membesar dan memenuhi ke seluruh ruang dalam perut. Kepalanya mulai sepadan dengan badan. Kening dan bulu mata tumbuh sepenuhnya. Bulu pada badannya terus tumbuh. Matanya, bisa membuka dan menutup dan mulai fokus. Berat bayi kini sekitar 1 kg dan ukuran badan mencapai 38 cm.
Tubuh anda
Anda akan lebih sering merasakan pergerakan bayi dalam kandungan. Bayi juga akan mulai memperkuat tubuh nya. Oleh karena itu, banyakkanlah beristirahat dengan duduk atau berbaring.

Minggu 30.
Bayi Anda
Bayi kini sudah pandai menyesuaikan keadaan mengikut kenyamanannya. Berat badannya kini bisa mencapai 1.1 kg dan panjangnya lebih kurang 39 cm.
Tubuh anda
Anda akan cepat merasa letih karena perut semakin membesar. Jika berjalan terlalu cepat anda akan cepat lelah. Jadi penting untuk anda menjaga posisi. Tidur pada waktu malam juga mungkin akan terganggu.

Minggu 31.
Bayi Anda
Anggota tubuh bayi lengkap sepenuhnya kecuali sebagian kecil paru-parunya. Begitu juga pada bagian otaknya. Otak dikatakan masih dalam proses perkembangan tetapi semakin cepat dan bayi sekarang bisa mendapat dan memproses informasi dengan cepat. Bayi juga mulai berasa sakit jika posisinya tidak betul. Dia akan bertukar posisi kepada lebih nyaman. Berat kini mencapai1.4 kg dan panjangnya sekitar 40 cm.
Tubuh anda
Sesak nafas atau termengah-mengah bisa sering terjadi bila anda tidak berhenti bergerak. Jadi banyakkan beristirahat. Jika waktu malam anda merasa kurang nyaman untuk bernafas, pastikan pakaian anda tidak terlalu ketat dan panas.

Minggu 32
Bayi Anda
Bayi semakin aktif bergerak. Dia akan memutar badan, menendang dan membuat lebih banyak lagi gerakan dibanding sebelum nya. Akan tetapi, kedudukan kepala bayi tetap berada di permukaan serviks menunggu keluar pada waktunya. Berat badannya kini 1.6 kg. sedangkan ukurannya mencapai 40.5 cm.
Tubuh anda
Jika anda bekerja, persiapkan cuti sekarang. Nikmati penghujung minggu kehamilan ini dengan pelbagai persiapan mental dan fisik.

Minggu 33.
Bayi Anda
Jari jemari mulai terbentuk dengan sempurna. Begitu juga halnya dengan paru-paru. Saat ini, bayi mulai berlatih bernafas. Ukuran janin kini berukuran 41.5 cm dengan berat 1.8 kg.
Tubuh anda
Kenaikan berat badan kini tidak terlalu cepat. Jika tidak pun, berat badan hanya meningkat lebih kurang 1kg untuk setiap minggu. Anda dianjurkanperiksa ke dokter lebih sering.

Minggu 34.
Bayi Anda
Berat badannya semakin bertambah. Matanya mulai sensitif terhadap cahaya. Alis dan bulu mata kini sudah cukup matang dan mata janin kini sudah pandai berkedip-kedip. Untuk janin lelaki, testisnya mula membentuk dengan sempurna. Berat badannya kini mencapai 2 kg, ukuran badannya kini mencapai 43 cm.
Tubuh anda
Tekanan darah mungkin akan meningkat agak tinggi. Jadi, jaga sedikit perasan dan emosi anda pada saat-saat ini.

Minggu 35.
Bayi Anda
Bayi masih bertambah besar dan memenuhi ruang dalam perut. Bayi tidak bergerak terlalu aktif karena ruang agak sempit. Berat badannya kini meningkat menjadi 2.3 kg dan panjangnya 44.5 cm.
Tubuh anda
Banyakkan berbincang tentang emosi dan kesiapan anda ketika di ruang bersalin bersama pasangan atau siapa yang akrab agar rasa takut dan risau semakin hilang. Pada masa - masa ini, atur diet. Jangan berjalan keluar rumah karena takut kontraksi bisa terjadi. Persiapkan diri dari sekarang.

Minggu 36.
Bayi Anda
Kontraksi awal bisa berawal saat minggu ini. Tetapi jika kontraksi tidak sering berlangsung, itu bukan tanda ingin bersalin. Tetapi hanya tanda-tanda yang kandungan anda kini semakin mencapai tahap matang. Bayi kini mulai pandai bernafas dengan betul, menghisap jari dan belajar menelan. Berat kini 2.5 kg dan panjang 46 cm.
Tubuh anda
Bernafas kini semakin tidak nyaman. Pangkal rahim juga berasa sakit akibat tekanan yang dibuat oleh bayi dalam kandungan. Pemeriksaan kehamilan akan dilakukan setiap minggu mulai minggu ini.

Minggu 37.
Bayi Anda
Bulu pada badan bayi mulai berkurang. Bayi mulai mengeluarkan hormon yang dinamakan cortisone yang membantu mematangkan organ pernafasan. Berat kini 2.7 kg dan panjang 47 cm.
Tubuh anda
Bersiap - siap, mungkin anda bersalin pada minggu ini. Periksa semua persiapan sebelum dan selepas bersalin. Jangan takut untuk bertanya apa saja tentang hal yang berkaitan dengan proses kelahiran kepada orang yang berpengalaman. Sikap ini membantu anda menambah lagi ilmu untuk di gunakan ketika di kamar bersalin.

Minggu 38.

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Perkembangan Bayi Minggu per Minggu"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.