Share Linux Folder menggunakan Samba

Berikut merupakan cara sharing folder di linux menggunakan samba.

Sebelumnya, pastikan linux kita sudah terinstall samba. Pada kasus ini linux yang saya gunakan adalah linux xubuntu. :-)

Pertama, buka file "smb.conf" yang terletak pada "/etc/samba". Pastikan kita membuka file smb.conf dengan mode root agar kelak kita bisa merubah file smb.conf.

Tambahkan baris berikut untuk menambahkan folder sharing.
    [Share Name]
    path = /home/username/Share
    option = value


Sebagai contoh, berikut adalah settingan di komputer saya. Dimana saya ingin men-share folder "share-folder" yang terletak pada direktori "/home/sutanto/share-folder".
share folder samba
Konfigurasi file smb.conf untuk membuat folder sharing

Setelah memasukkan perintah diatas, simpan berkas smb.conf, Dengan demikian kita telah berhasil membuat sebuah folder sharing di linux kita.

Adakalanya kita perlu merestart samba kita agar bisa digunakan. Ketikkan perintah berikut untuk merestart samba.
     /etc/init.d/samba restart
dan
     service smbd restart

Apabila folder yang kita share masih bersifat read-only. Rubah permissionnya menjadi 777 agar siapapun yang mengakses folder tersebut dapat membaca, merubah, membuat ataupun menghapus file didalam folder sharing tersebut.

Salam Perjuangan..!!!

share folder samba
share folder di komputer saya :-)

catatan:
  1. Untuk membuat shortcut a network location pada windows xp dapat dilihat postingan berikut: http://edi.sutanto.web.id/2015/09/membuat-shortcut-network-location-di-windows-xp.html. Terima kasih :-)
  2. Disini saya mengalami kendala dimana setiap saya memasukkan folder baru ke dalam direktori folder sharing saya, dari linux yang saya gunakan sebagai server. Permissionnya tidak otomatis 777. Untuk mengatasi hal ini silahkan berikan permission 777 -R kepada folder sharing kita. -R (recursive) agar semua file didalam folder share kita kesemuanya ikut berubah permissionnya.

------
referensi:

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Share Linux Folder menggunakan Samba"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.