Circular Reference (Referensi Melingkar)

Ketika formula mengacu kembali ke sel sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung, menciptakan referensi melingkar. Referensi melingkar dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja karena dapat iterate tanpa batas. Iterasi adalah perhitungan kembali berulang worksheet sampai kondisi numerik tertentu terpenuhi. Secara default, perhitungan berulang dimatikan dalam Microsoft Office Excel. Anda dapat menangani referensi melingkar dengan melakukan salah satu dari berikut: menghapus referensi melingkar atau mengaktifkan perhitungan iteratif.


ilustrasi


Cari dan Menghapus Circular Reference (Referensi Melingkar)
Jika pesan kesalahan tentang menciptakan referensi melingkar muncul ketika mengedit formula, maka Anda mungkin telah membuat referensi melingkar yang tidak diinginkan (tidak disengaja). Dalam hal ini, Anda dapat menemukan dan menghapus referensi yang salah.
  1. Pada tab Rumus, dalam grup Formula Auditing, klik tanda panah pada tombol Error Checking, arahkan ke Circular Reference, dan kemudian klik sel pertama yang tercantum dalam submenu.
    TIPS : Anda dapat bergerak di antara sel-sel dalam 'circular reference' dengan mengklik ganda panah pelacak. 
  2. Tinjau rumus dalam sel. Jika Anda tidak dapat menentukan apakah sel adalah penyebab dari Circular Reference (referensi melingkar), klik sel berikutnya dalam Circular Reference submenu.
    Perhatian: status bar menampilkan kata "Referensi Edaran" diikuti dengan referensi ke salah satu sel yang terkandung dalam referensi melingkar. 
  3. Lanjutkan untuk meninjau dan memperbaiki referensi melingkar sampai status bar tidak lagi menampilkan kata "Circular Reference."

Agar Circular Reference dapat bekerja dengan mengubah berapa kali iterasi Excel Formula
Jika kamu ingin menyimpan referensi melingkar, kamu dapat mengaktifkan perhitungan berulang tetapi kamu harus menentukan berapa kali formula harus menghitung ulang. Ketika kamu menghidupkan perhitungan berulang tanpa mengubah nilai-nilai untuk iterasi maksimum atau perubahan maksimum, Office Excel berhenti menghitung setelah 100 iterasi atau setelah semua nilai dalam perubahan 'Circular Reference' kurang dari 0,001 antara interasi, mana yang lebi hdulu. Namun, kamu dapat mengontrol jumlah maksimum iterasi dan jumlah perubahan yang dapat diterima.

Cara berikut dapat digunakan pada Ms. Office 2007.
  1. Klik Tombol Mikrosoft Office, yang terletak di sebelah kiri atas aplikasi office. Klik Excel Options, kemudian pilih Formula Category.
  2. Pada bagian pilihan Calculation, pilih 'Enable iterative calculation check box.'
  3. Untuk mengeset nomer maksimal berapa kali Office Excel akan mengkalkulasi ulang, ketikka nomer/angka dari iterasi maksimal yang diinginkan pada kotak yang tersedia.
  4. Untuk mengatur jumlah maksimal perubahan Anda akan menerima antara hasil perhitungan, ketika jumlah dalam perubahan kotak maksimum. Semakin kecil angka, semakin akurat hasilnya dan lebih banyak waktu yang diperlukan Excel untuk menghitung lembar kerja.
Pada Ms. Office 2010, caranya sama. Yang membedakan adalah pada point 1 diatas diganti dengan klik File -> Option.

Sekian, mohon maaf apabila tidak terlalu jelas dalam menjelaskan, artikel ini hanya mengartikan dari sumber yang tertera dibawah. Untuk lebih jelas silahkan langsung menuju ke sumber yang ada pada link dibawah.


Salam Perjuangan..!!!!

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Circular Reference (Referensi Melingkar)"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.