antara sulit, dipersulit, mudah, dan dimudahkan



Beberapa minggu ini cukup berat juga aktifitas yang dijalani. Antara yang (mungkin) sulit, dipersulit, Alhamdulillah sejauh ini senantiasa mudah karena dimudahkan.

Tidak hanya badan, tapi juga hati dan pikiran yang capek. Akhirnya terbayar juga dengan haru dan bangga atas hasil yang didapatkan.

Saya coba menilik kebelakang, kenapa saya pribadi bisa sangat stabil berada di kondisi yang boleh dibilang cukup berat. Sedangkan beberapa teman yang justru sedang dalam kondisi tidak ada masalah (wallahu a'lam) malah terlihat stress dan memang depresi. hehe..

Dan kini saya percaya, memang apapun yang kita jalani harus dilandasi dengan niat bismillah 'ikhlas', jalani saja, tidak peduli hasilnya, insya Allah senantiasa dimudahkan.

Pancarkan kebaikan dimanapun kita berada, kalau kata orang jawa 'urip iku urup'. Nah hal ini saya rasa saya masih jauh dari yang bisa diharapkan oleh masyarakat. Sangat sangat sangat sangat jauh. Meskipun menurut saya pribadi ayah saya cukup urup. hayah.

Mungkin kita merasa masalah yang kita alami terlalu kompleks seolah kita sedang benar-benar diuji oleh Yang Maha Kuasa. Tapi yakinlah orang lain (mungkin teman dekatmu) justru malah pernah melewati masalah yang jauh lebih kompleks dari yang kita alami.

Yang kita sering salah adalah mengartikan makna surat Al-Insyirah ayat 5-6. Dimana kita mengartikannya sebagai : Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, (5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6).

Ya, saya rasa sebenarnya kita tahu. disitu tertulis [ma'a] bukan [ba'da]. Yang artinya Maka sesungguhnya bersamaan dengan kesulitan itu terdapat kemudahan, sesungguhnya bersamaan dengan kesulitan itu terdapat kemudahan.
(mohon maaf apabila saya salah menterjemahkan)

Tetap semangat kawan..! Toh Tuhan tidak akan memberikan cobaan diatas kemampuan hambanya.

Salam Perjuangan..!!!
dan tetap setia pada proses.. <-- pinjam kata-kata mas dolob

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "antara sulit, dipersulit, mudah, dan dimudahkan"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.