menambahkan 'open terminal here' pada nautilus



Secara default fasilitas 'open terminal here' atau 'open in terminal' pada system operasi linux ubuntu tidak ada.

Untuk saya pribadi, saya menginginkan fasilitas 'open terminal here' adalah agar memudahkan apabila kita ingin menginstall file yang mana untuk meng-install-nya diperlukan terminal. Sebagai contoh untuk meng-install berkas dengan ekstensi '.sh', dimana biasanya saya menggunakan perintah : sh ./nama-file.sh untuk menginstallnya.

Bagi saya akan sangat merepotkan apabila fasilitas diatas tidak ada. Maka dari itu kita perlu memasang fasilitas tersebut. hehe.

Untuk menambahkan fasilitas tersebut kita harus memasang 'nautilus-open-terminal'. Caranya, silahkan buka terminal dan ketikkan :
sudo apt-get install nautilus-open-terminal

setelah 'nautilus-open-terminal'-nya telah terpasang, silahkan restart nautilus dengan mengetikkan :
nautilus -q


catatan:
  1. Apabila fasilitas 'open terminal here' masih belum bisa digunakan, coba restart komputer. Insya Allah fasilitas 'open-terminal-here' sudah muncul di nautilus kita.
  2. Untuk menginstall nautilus tersebut tentu saja kita membutuhkan koneksi internet untuk mengunduh berkas-berkas yang dibutuhkan.
  3. Apabila ada yang salah dalam tulisan ini mohon koreksinya.

sumber/referensi:
http://askubuntu.com/questions/207442/how-to-add-open-terminal-here-to-nautilus-context-menu

    Berlangganan untuk menerima update email gratis:

    0 Response to "menambahkan 'open terminal here' pada nautilus"

    Posting Komentar

    Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.