backup hardisk laptop lenovo

Berawal dari laptop teman yang layarnya tidak mau menyala. Hal ini masih bisa diatasi dengan menggantinya menggunakan monitor, yang mana kabel VGA dari monitor tinggal dicolokkan ke slot VGA pada laptop. (maklum, kalau service biayanya tidak murah). hehe..

Masalah selanjutnya muncul, yakni tiba-tiba laptop benar-benar tidak mau menyala. Akan tetapi dari laptopnya terkesan seolah-olah sebenarnya laptopnya menyala hanya saja output tampilan grafisnya tidak mau muncul.

Coba saya bantu untuk membetulkan, hanya saja saya sendiri tidak yakin akan dapat membetulkan laptop tersebut dapat berfungsi seperti sedia kala. Coba saya bongkar-bongkar, hingga akhirnya saya temukan hardisk yang terpasang di laptop tersebut.


Ketika melihat hardisk yang terpasang (maklum, saya tidak begitu mengerti mengenai hardware laptop). Ternyata slot dalam hardisk tersebut sama dengan slot pada hardisk SATA. Akhirnya saya pasangkan ke PC nganggur di kantor untuk sekedar mengetest. Dan ternyata memang bisa terdeteksi dengan baik.

Jika hardisk laptop ini dipasang sebagai master maka operating system (kebetulan yang terpasang ialah windows 7), OS tersebut tidak bisa di start up dengan baik. Hal tersebut (mungkin) dikarenakan oleh ketidak cocokan atau keperbedaan jauh antara driver yang sebelumnya telah terpasang sebagai hardware laptop (lenovo) dan kini terpasang di PC yang entah apa hardware manufaktur-nya.

Untuk mengatasinya, sebagai OS yang akan dijalankan yakni saya menggunakan Linux yang sudah saya pasang di USB flashdisk. Yang nantinya dapat kita gunakan untuk mengakses file-file yang ada di hardisk slave (hardisk laptop lenovo) yang saya pasang di PC tersebut.

Linux yang digunakan bisa linux distribusi apa saja asalkan dapat dijalankan sebagai USB Live.

Nah, dengan demikian setidaknya saya dapat mem-backup data yang ada di hardisk tersebut. Sehingga meskipun (untuk saat ini) kondisi laptopnya masih belum tersentuh untuk direpair sendiri. Data-data yang terpasang selamat dengan baik. hehehe..

ini ceritaku hari ini.. :-)

Salam,
Muhammad Edi Sutanto

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "backup hardisk laptop lenovo"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.