open executable file in bodhi linux

Untuk membuka file executable di bodhi linux agak sedikit berbeda dengan beberapa distro linux lainnya. Misalnya ketika di ubuntu, mint, robolinux, dan kawan-kawannya. Kita tinggal double klik pada file tersebut, kalaupun belum bisa dijalankan yakni kita tinggal merubah permissionnya sebagai executable file dengan cara klik kanan pada properties.

Nah untuk bodhi, masalahnya adalah pada bagian 'klik kanan file > properties', disitu tidak terdapat opsi/pilihan yang dapat merubah permission file tersebut menjadi executable file. Sedangkan kalaupun chmod-nya sudah dirubah menjadi +x (executable), untuk membuka file tersebut dengan cara double klik, kita masih diberikan opsi untuk membuka file tersebut dengan apa? Yang mana sudah saya coba satu per-satu namun tidak ada yang bisa menjalankan.

Lantas, agar kita bisa menjalankan aplikasi tersebut yakni dengan cara menjalankan file aplikasi tersebut lewat terminal. Jangan lupa agar file tersebut dijadikan sebagai executable dulu.

Berikut perintahnya,
sudo chmod +x ./nama_aplikasi
./nama_aplikasi

Yap, dengan demikian file executable tersebut sudah bisa dijalankan dan bisa kita nikmati untuk digunakan.
Dan tentu saja cara tersebut bisa digunakan untuk distro linux versi lainnya. Hanya saja untuk bodhi, saya baru tahu cara menjalankan aplikasi executable seperti cara diatas.

Berikut tangkapan layar dari contoh menjalankan aplikasi yang saya maksudkan :






Salam,

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "open executable file in bodhi linux"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.