kenapa tidak dieksekusi saja ide-mu itu?

Didalam keruwetan suatu organisasi ataupun badan usaha yang tengah berproses perbaikan mewujudkan karakter yang lebih baik lagi. Entah masalah yang terjadi dapat diatasi ataupun tidak. Tidak jarang kita mendengar suatu usulan, saran, kritikan, dan teman-temannya.

Sebagai contoh:
  • Kan sudah saya bilang, harusnya itu ..bla..bla..bla (memberi saran)
  • Kalau begitu ya salah, tidak mungkin.. (menyalahkan)
  • Yang penting kan saya sudah menyampaikan. Selanjutnya kan urusan dia. (tidak mau salah)
  • Sudah Pak. Beres..!! (padahal gak ngerti kondisi sebenarnya, cuma cari aman)

Yang tidak jarang terjadi adalah, bagaimana bisa masalah-masalah yang sebenarnya sudah pernah dibahas, dicari solusinya. Masih saja terjadi. Beberapa faktor yang biasa terjadi adalah:
  • Kurangnya pengetahuan permasalahan dan kesepahaman maksud kegiatan antar individu.
  • Adanya individu yang berpenyakit (hati dan jiwa)
  • dan lain sebagainya.

Disini yang ingin saya tuliskan adalah mengenai point memberi saran. Dimana saya rasa itu adalah setiap hal yang sangat mudah untuk orang katakan. Tetapi pada kenyataannya jarang untuk dijalankan. Akibatnya saran hanyalah saran, ide hanyalah ide. Ibarat keledai yang jatuh di lubang yang sama. Jangan sampai lah kita menjadi seperti itu.

Ada saran? ungkapkan! Laksanakan!
Ada ide? ungkapkan! Laksanakan!

Memang adakalanya suatu saran ataupun ide belum bisa diterima pada saat-saat diungkapkan. Bisa karena ide tersebut memang belum saatnya, bisa juga karena ide yang kurang bagus, atau mungkin suatu ide yang sebenarnya sudah dilaksanakan.

Perubahan itu dimulai dari dirimu sendiri.


Tak selamanya suatu kondisi itu butuh saran. Kondisi tersebut butuh perilakumu untuk mengenalkan saran yang kau bicarakan. Tak sekedar bicara. Tunjukkan kalau memang idemu itu bagus.!!


Jakarta, 26 Maret 2014
Muhammad Edi Sutanto

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "kenapa tidak dieksekusi saja ide-mu itu?"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.