Catatan Progress Harian

Berawal dari suatu pikiran tentang menuliskan hal-hal yang ingin saya kerjakan. Kalau untuk pekerjaan di kantor kan kita biasa membuat to do list yang mana hal tersebut nantinya akan menjadi fokus dalam melakukan pekerjaan. Sederhana saja, cukup dituliskan pada kertas/buku tentang hal-hal yang ingin dikerjakan pada saat ini.

Mengenai materi apa saja yang ingin dicapai dalam satuan waktu tertentu biasanya kita dapat dari misi yang akan dicapai perusahaan dalam beberapa waktu kedepan melalui rapat rutin yang biasa dilakukan.

Nah, selain yang berhubungan dengan pekerjaan. Adakalanya kita sering mem-bookmark suatu situs, ingin mempelajari tentang suatu ilmu baru. Akan tetapi sering terkendala tentang bagaimana mencatatat hal-hal yang ingin kita pelajari ini.

Sebelumnya saya menggunakan aplikasi sederhana semacam notepad, atau mungkin bahkan semisal evernote untuk saya gunakan sebagai sarana mencatat beberapa point hal-hal yang sedang saya minati untuk dipelajari.



Namun sedikit terbayang, kalau menggunakan notepad memang bisa. Soal pengintegrasian agar bisa diakses dimana saja tinggal taruh saja filenya di folder penyimpanan dropbox. hehehe. Begitupula dengan evernote. Catat di evernote dan kita bisa mengaksesnya apabila kita menginstall evernote di komputer kita. (Akan tetapi sayang sekali setahu saya evernote tidak tersedia untuk lingkungan linux. Kalaupun ada program semisal (nevernote), entahlah bagaimana agar bisa terintegrasi pada komputer kita yang satu dengan satunya lagi (misal komputer kantor/komputer rumah yang platformnya bisa jadi berbeda)).

Akan tetapi setidaknya untuk saat ini, saya rasa mencatatnya di sebuah blog adalah sebuah metode yang tak kalah menarik untuk dicoba. Apalagi sekarang sudah banyak layanan pembuatan blog yang simple, powerfull, dan membuatnya pun free..!!

Keuntungan lainnya ialah catatan tersebut dapat dibuka dimana saja, terarsip dengan baik, dapat diakses dan dibuat dari komputer dengan OS apa saja (ya iyalah, ckckck).

Berikut contoh catatan progress harian yang saya buat. Sangat sederhana, meskipun demikian saya harap dari sebuah ide catatan sederhana ini akan membantu saya dalam melewati hari-hari di masa muda dalam belajar suatu hal-hal baru, ilmu-ilmu baru, meskipun hanya sebatas catatan dan sekumpulan dari tautan-tautan yang merujuk kepada materi yang ingin dipelajari. Dapat diakses di http://pcatatan.blogspot.com, berikut tangkapan layarnya.


Sederhana, hanya sekelumit daftar tentang hal-hal yang ingin saya pelajari pada hari ini. Namun apabila di-update tentu juga akan menjadi cerita tersendiri dalam proses belajar kita.

Sebuah perubahan besar berawal dari hal-hal kecil yang senantiasa diperbaiki. Dari yang sederhana, apabila ditekuni kelak juga akan menjadi sesuatu yang luar biasa.

Memang bukanlah sebuah hal yang baru. Setidaknya ini adalah sebuah hal baru yang sedang saya coba.

Jakarta, 17 Februari 2014

Salam,
Muhammad Edi Sutanto

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Catatan Progress Harian"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.