sedap malam, bunga yang mekar di malam hari


seperti yang telah kita ketahui, bunga sedap malam memiliki keunikannya sendiri yang mungkin berbeda dengan bunga-bunga lainnya. Hal tersebut ialah karena bunga ini mekar di malam hari dan akan gugur ketika pagi hari.

Kenapa bisa demikian?


Berikut merupakan penjelasan kenapa bunga ini mekarnya di malam hari yang saya kutip dari sainsme.

SainsMe - Bunga sedap malam atau Polianthes Tuberosa terkenal akan aroma wanginya yang dapat kita cium pada malam hari. Kadang bau wangi-wangian pada malam hari juga diasosiasikan dengan hal-hal mistis. Apakah bau wangi pada malam hari pertanda ada makhluk halus? Coba simak dulu penjelasan mengenai bunga sedap malam, yuk!
Pada umumnya semua bunga mengeluarkan aroma yang khas sesuai dengan jenis bunganya. Tumbuhan mengandung minyak atsiri yang terdapat di bagian daun, batang, dan juga bunganya. Setiap tumbuhan memiliki kandungan minyak atsiri yang berbeda, sehingga aromanya berbeda-beda pula. Ketika bunga mekar, minyak atsiri yang terkandung dalam bunga keluar ke udara sehingga bau wangi tercium lebih menyengat.
Bunga sedap malam mekar pada malam hari, sehingga aroma wanginya juga akan tercium pada malam hari. Mengapa bunga sedap malam mekar pada malam hari dan bukan pada siang hari? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi mekarnya suatu bunga, di antaranya yaitu suhu, kelembaban, dan cahaya. Pada bunga sedap malam, cahaya berpengaruh pada pergerakan selnya. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang gelap disebut skototropisme. Hal ini yang menyebabkan bunga sedap malam mekar pada malam hari.
Ada alasan lain yang menyebabkan bunga sedap malam mengeluarkan aromanya pada malam hari, yaitu akibat reaksi fotosintesis. Masih ingatkah kamu, fotosintesis terdiri dari dua reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap? Reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan cahaya sehingga biasanya berlangsung pada siang hari. Sedangkan reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya, melainkan membutuhkan karbondioksida. Reaksi gelap terjadi pada malam hari. Bunga sedap malam mengeluarkan aroma wangi pada malam hari karena munculnya zat hasil fotosintesis yang terjadi antara reaksi oksigen dengan senyawa-senyawa kimia lainnya. Zat ini bersifat volatil atau mudah menguap sehingga ketika menguap akan menyebarkan aroma yang khas. Jadi, kalau kamu mencium wangi bunga pada tengah malam, jangan lari karena takut ada hantu, mungkin itu hanya bunga sedap malam yang sedang mekar.
sumber : http://sains.me/1789/misteri-wangi-bunga-sedap-malam.html/



lantas, apa maksud dari kenapa saya postingkan disini?

setelah kemaren (Bogor, 11 Januari 2014) ngobrol-ngobrol dengan teman hingga akhirnya terceletuk bahasan tentang bunga ini (sedap malam). Saya menjadi teringat dengan beberapa teman yang mana termasuk saya sendiri. Dimana ada beberapa orang yang mempunyai waktu produktif untuk melaksanakan pekerjaannya di malam hari. (mau tak mau)

Yap, adakalanya kita seperti bunga sedap malam.
hanya saja ketika pagi bukannya gugur sih, melainkan tidur untuk beristirahat. hehehe

Oh iya, sekedar mengingatkan kalau "begadang itu tidak baik..!" dan silahkan begadang jika dengan begadang itu ada artinya alias kita dapat menghasilkan sebuah manfaat. Aamiin.

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

1 Response to "sedap malam, bunga yang mekar di malam hari"

  1. gimana kalo pada malam hari di letakkan di atas lampu neon?

    BalasHapus

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.