pesan pengingat [sebelum dan sesudah] menggunakan ms.office word 2007

Bismillahirrohmanirrohim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..



Artikel ini kami persembahkan untuk teman-teman yang sering lupa atau agak ceroboh dalam melakukan pekerjaannya saat memakai microsoft office word (contohnya saya.. hehe..). untuk yang bukan pelupa.. dimohon untuk tidak mencela artikel ini, kalau yang dicela yang nulis monggo.. Maklum. :D
Sebagai seorang pelupa.. saya butuh seseorang yang senantiasa mengingatkan saya agar lebih berhati-hati dalam melakukan pekerjaan saya. Misalnya mengingatkan untuk membaca basmallah saat mengawali pekerjaan atau membaca hamdalah saat pekerjaan selesai dilakukan atau break dulu untuk istirahat..

lalu kira-kira siapa yang mau mengingatkan saya, ya?? hmm.. mungkin istri saya.. hehe… tapi sayangnya saya belum menikah.. jadi istri siapa ya?? lagian ini konteksnya juga cuma ingat mengingat, masak istri dibawa-bawa sich.. hehe.. (maaf.. bercanda..)

OKB (baca: Okelah Kalo Begitu) hehe.. kayak lagunya warteg boy’s aja ya?? :D
hmm.. mari kita mulai artikelnya.. ;)
Berikut merupakan langkah-langkah pembuatan pesan yang akan muncul apabila kita akan menggunakan program Ms.Word atau mengakhiri pekerjaan kita dari program tersebut.. untuk saat ini saya memakai microsoft Office word 2007.. berikut langkah-langkahnya..
kali ini kita bikin pesan untuk mengawalinya ya? hehe..

1. buka program ms.word 2007.. kemudian klik tab view -> macros -> view macros.

Maka akan muncul tampilan visual basic..


2. ketikkan Autoexec -> kemudian klik Create..


3. ketikkan seperti pada gambar yang saya kasih kotak.. (MsgBox “Alhamdulillah.. sudah diteliti kan??”, vbInformation, “Pengingat”


4. Kalau sudah.. maka tinggal kita simpan.. klik File -> Save Normal


Kalau sudah, silahkan tutup tampilan visual basic tadi dan mari kita test apakah kita sudah berhasil membuat pesan pengingat tadi.. hehe.., Alhasil apabila kita berhasil maka akan muncul pesan seperti pada gambar berikut..


hmm… sangat mudah kan?? ;) .. itu sangat berguna sekali bagi saya yang sering lupa membaca Basmallah saat akan mengawali pekerjaan. (ko’ malah curhat. hehe..)
Hmm.. terus gimana kalau untuk pesan yang muncul sesudah kita melaksanakan pekerjaan kita dengan word..?? Ok.. mari kita lihat..

a. sebenarnya langkah-langkahnya sama.. hanya saja.. pada langkah kedua.. kita ganti dengan mengetik Autoexit n kemudian klik tombol Create. maka akan muncul tampilan visual basic lagi..


b. dan seperti pada langkah nomor 3.

ketikkan seperti pada gambar yang saya kasih kotak.. (MsgBox “Alhamdulillah.. sudah diteliti kan??”, vbInformation, “Pengingat”)


c. Kemudian tinggal kita simpan. Klik File -> Save Normal

(seperti pada langkah 4)

d. silahkan tutup tampilan visual basic tersebut.. dan mari kita test dengan keluar dari program ms word tadi.. maka perintah yang kita bikin tadi akan muncul..


Alhamdulillah.. selesai juga kita membuat pesan pengingat kita.. gampang kan??? :-) kalau susah pasti saya tidak bisa.. hehe.. kalau ada yang mau menambahi monggo..

saran, kritik, cela’an, cacian, makian, dll.. sampai nasi kucing pun akan saya terima dengan senang hati..
mungkin cukup sekian perjumpaan kita kali ini.. semoga bermanfaat dan dimanfaatkan..

Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh..

بــيــن الـﺭجــل و بــيــن الــشـرﻙ ﻭ الــكــفـر تـرﻙ الــصــﻼﺓ

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "pesan pengingat [sebelum dan sesudah] menggunakan ms.office word 2007"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.