Membuat email (domain kita) dengan bantuan Google Apps

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

pada artikel ini akan kami jelaskan bagaimana mengkonfigurasi email dengan domain kita. (contoh: edi@sutanto.web.id :D ).


ya, kita bisa membuatnya dari cpanel. Akan tetapi apabila kita menggunakan fasilitas ini maka space dari email akan diambil dari space hostingan kita. (maaf kalau salah mohon dibenarkan :) maklum, newbie :D ).
Sebagai contoh situs ini (http://sutanto.web.id). Disini saya hanya menyewa hosting-nya dengan paket basic, yakni 50 Mb per tahun :D , jadi emang mesti irit-irit space. Upload gambar di usahakan pakai pihak ke-3. hehehe ;)

berikut screenshot kalau kita mau membuatnya dari cpanel website kita :)



OK :) tidak usah panjang x lebar x tinggi lagi mukadimahnya. Mari kita bahas bersama-sama :)
Pertama-tama mari kita ketikkan http://google.com/a/ pada browser kita. Maka kita akan dibawa ke halaman http://www.google.com/apps/intl/en/business/index.html. Kalau sudah, mari kita klik tulisan http://www.google.com/apps/intl/en/group/index.html :) . Ups.. sebenarnya dari awal, link ini lah yang akan kita tuju. Tapi agar lebih mudah di ingat, maka kita memulainya dari awal.
Kalau sudah, monggo klik Get Started, setelah di klik, kemudian kita masukkan alamat dari domain kita.

hmm.. selanjutnya tinggal isikan apa yang diminta. Kemudian klik continue :)



Sudah barang tentu kita juga akan diminta untuk memasukkan domain kita. (domain yang kita pakai).


selanjutnya adalah langkah verifikasi. silahkan isi apa saja yang diminta. tinggal isi atau next-next-next saja (notes: jangan masukkan nomer pin ATM anda :D )

continue..

continue again :D


Alhamdulillah, dengan begini maka alamat email kita sudah aktif :)
tapi untuk mengirimkan pesan tetap saja masih belum bisa. silahkan ikuti petunjuk selanjutnya yang diberikan sama mbah google untuk verifikasi.

silahkan buka kotak masuk / inbox, dan silahkan ber email ria :D


oh iya.. :) setelah log out, untuk log in ke akun kita. ketikkan http://google.com/a/domain_kita. Atau kita bisa menggunakan fasilitas http://gmail.com. Nanti kita tinggal memasukkan alamat email dan sandi yang telah kita buat tadi. Untuk fasilitas lebih lengkap, silahkan dilihat-lihat sendiri. :D
Terima kasih sudah berkunjung di blog sederhana ini. Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan dengan baik.
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Berlangganan untuk menerima update email gratis:

0 Response to "Membuat email (domain kita) dengan bantuan Google Apps"

Posting Komentar

Saran ataupun Kritik anda sangatlah berguna untuk perkembangan selanjutnya blog kami. Terima kasih telah berkunjung dan semoga anda suka.